Kontak Kami

Selamat berbelanja, Shopper!

Al-Hidayah Madu dan Herbal, Jln Godean Km 8, Klajuran, Sidokarto, Godean, Sleman, DIY Buka mulai jam 8-5.30 Sore. Menyediakan Berbagai macam Herbal dan Madu Murni. Untuk Info Pemesana Hub WA/HP : 0812 3221 1331
Beranda » Artikel Terkait » Macam-macam Kanker Yang Diderita Oleh Manusia

Macam-macam Kanker Yang Diderita Oleh Manusia

Diposting pada 8 Desember 2018 oleh Alhidayah Madu
Macam-macam Kanker

Macam-macam Kanker

Macam-macam Kanker-Sebelum kami membahas tentang beberapa jenis-jenis kanker yang diderita manusia, ada baiknya kami ingin memberikan sedikit tentang keluhan-keluhan atau gejala-gejala apa saja yang diderita penderita kanker. Baik, pada awalnya ketika menyerang tubuh, kanker belum menimbulkan gejala dan keluhan apapun. Namun semakin lama akan timbul keluhan dan gejala sebagai berikut:

Gejala-Gejala Kanker

  1. Gejala dan keluhan lokal di tempat kankernya, yang berupa timbulnya benjolan atau pembengkakan, perdarahan baik dari kulit, atau mulut (muntah darah), saluran nafas (batuk darah), anus (berak darah), dari vagina, dan dari payudara. Kemudian timbulnya luka dan rasa nyeri. Namun nyeri lokal itu baru akan dirasakan apabila kankernya sudah mencapai stadium lanjut. Pada tahap awal, kanker sering tidak menimbulkan rasa sakit.
  2. Gejala dan keluhan karena penyebaran kanker (gejala metastatik). Timbulnya keuhan ini disebabkan oleh penyebaran kanker kelokasi lain dalam tubuh. Seperti pembesaran kelenjar getah bening (yang dapat dirasakan atau kadang-kadang terlihat di bawah kulit), hepatomegali (pembesaran hati) yang dapat diraba di perut sebelah kanan atas, splenomegali (pembesaran limpa) yang dapat diraba di perut atas sebelah kiri, atau dan gejala dari syaraf bila menyerang syaraf, seperti hilangnya indra pembauan, gangguan pendengaran, kesulitan menelan, dan lainnya.
  3. Gejala dan keluhan sistemik. Keluhan ini terjadi karena efek yang jauh dari kanker dan tidak berhubungan dengan penyebaran langsung (metastasis). Seperti berat badan yang menurun, tidak ada nafsu makan, badan semakin kurus, mudah lelah, berkeringat berlebihan terutama di malam hari, anemia, yaitu jumlah sel darah merah dalam tubuh berkurang.

Gejala-gejala diatas umumnya terdapat pada pasien kanker. Namun, bukan berarti bahwa orang yang mengalami gejala diatas dapat diartikan sebagai penderita kanker. Kepastiannya harus melalui pemeriksaan dokter dan laboratorium.

Adapun Jenis-Jenis Kanker Yaitu

Kanker Rahim (Uterine Cancer, Carcinoma Uterus)

Macam-macam Kanker-Kandungan, rahim atau uterus adalah bagian dari simtem peranakan wanita. Terletak di panggul antara kandung kemih dan dubur (rectum). Rahim mempunyai beberapa bagian, bagian bawah yang sempit disebut mulut rahim (servix). Bagian tengah yang lebar disebut badan rahin atau corpus . Puncaknya yang berbentuk kubah adalah fundus. Lalu ada saluran yang berupa tabung yang menjulur dari setiap sisi puncak kandungan ke indung telur (ovarium) yang disebut saluran telur (tuba fallopi). Dinding rahim mempunyai 2 lapisan jaringan. Lapisan bagian dalam rahim yang berhubungan dengan rongga rahim disebut endometrium. Sedangkan lapisan luar yang berupa jaringan otot disebut myometrium.

Tumor jinak dalam rahim

Selain kanker, rahim juga bisa ditumbuhi tumor jinak. Tumor jinak ini, apabila diambil dengan operasi, maka tumor tidak akan tumbuh kembali. Tumor ini juga tidak menyerang jaringan-jaringan disekitarnya, dan tidak meyebar kebagian-bagian lain tubuh.

Beberapa tumor jinak di dalam rahim yang penting:

  • Myoma Uteri, merupakan tumor jinak dari badan rahim yang paling sering ditemui. Tumor ini tidak pernah muncul setelah menopouse. Sering juga disebut dengan fibroid.
  • Endometriosis adalah suatu keadaan dimana jaringan yang menyerupai endometrium (lapisan yang melapisi rongga rahim) ditemukan diluar rongga rahim. Seringnya ditemukan di rongga pinggul.
  • Polip rahim adalah suatu keadaan dimana sel-sel endometrium jumlahnya bertambah banyak. Biasanya ditandai dengan gangguan saat haid.
Macam-macam Kanker

Macam-macam Kanker

Tumor Ganas rahim

Kanker rahim adalah kanker yang tumbuh dibagian otot rahim, yaitu dibadan rahim. Kanker rahim ini bisa menyebar ke tempat lain. Karena itu, kanker rahim dibagi menjadi 4 stadium.

  • Stadium I, Kanker hanya berada di dalam badan rahim. Belum menjalar sampai di leher rahim.
  • Stadium II, Kanker telah menjalar dari badan rahim hingga ke leher rahim.
  • Stadium III, Kanker telah meyebar keluar dari rahim, namun belum keluar panggul dan belum ke kandung kemih atau anus.
  • Stadium IV, Kanker telah meyebar ke kandung kemih atau anus. Atau telah menyebar melewati panggul kebagian-bagian lain tubuh.

Kanker Leher Rahim (Cervical Cncer, Carcinoma Cervix, Ca Cervix)

Leher rahim atau cervix uteri adlaah bagian dari sistem reproduksi wanita. Leher rahim terletak di bagian bawah dari rahim yang sempit yang mirip dengan leher, sehingga disebut leher rahim. Sedangkan rahim adalah organ yang berongga berbentuk buah pir, terletak pada perut bagian bawah. Leher rahim menghubungkan rahim dengan vagina.

Tumor jinak leher rahim

Macam-macam Kanker-Di rahim, selain ditumbuhi kanker (yang ersifat ganas), bisa juga ditumbuhi tumor (yang bersifat jinak). Sebagaimana tumor jinak lainnya, tumor jinak di leher rahim ini apabila diambil dengan operasi, maka tumor tidak akan tumbuh kembali. Tumor ini tidak menyerang jaringan-jaringan disekitarnya, dan tidak meyebar ke bagian-bagian lain tubuh.

Yang termasuk tumor jinak di leher rahim, diantaranya polip, kista, dan kutil di sekitar rahim dan alat kelamin.

Tumor (kanker) ganas leher rahim (carcinoma cervix, ca cervix)

Kanker leher rahim bersifat ganas, karena bisa tumbuh kembali walaupun sudah diambil dengan operasi. Kanker ini bisa menyerang serta bisa merusak jaringan dan organ yang berdekatan, dan dapat menyebar ke bagian lain pada tubuh. Sel-sel kanker ini meyebar dengan cara memecah diri dari kanker asalnya, lalu masuk ke dalam aliran darah atau kelenjar getah bening (kelenjar limfe) kemudian meyerang organ lain dan membentuk kanker baru yang merusak organ ini.

Nah, ketika kanker menyebar dari tempat asalnya ke bagian lain di dalam tubuh, kanker baru mempunyai bentuk yang sama dengan sel-sel asalnya dan diberi nama yang sama seperti kanker asalnya. Contohnya, jika kanker leher rahim menyebar ke paru-paru, maka sel-sel kanker didalam paru-paru sebenernya adalah sek-sel kanker leher rahim. Bukan kanker paru-paru.

Karena sifatnya yang bisa membesar dan menyebar ini, maka perkembangan kanker leher rahim ini dibagi menjadi beberapa tahapan atau stadium.

  1. Stadium 0, Kanker hanya ditemukan pada lapisan atas dari sel-sel pada jaringan yang melapisi leher rahim. tingkat 0 juga disebut carcinoma in situ.
  2. Stadium 1, kanker telah meyerang leher rahim dibawah lapisan atas dari sel-sel. Itu ditemukan hanya di leher rahim.
  3. Stadium 2, Kanker sudah meluas melewati leher rahim ke dalam jaringan-jaringan berdekatan. Ia meluas hingga ke bagian atas dari vagina, yaitu 2/3 bagian atas dari vagina, tidak sampai ke 1/3 bagian bawah dari vagina atau dinding pelvis (lapisan dari bagian tubuh antara pinggul).
  4. Stadium 3, Kanker sudah meluas ke 1/3 bagian bawah dari vagina. Ia juga mungkin telah meyebar ke dinding panggul dan simpul-simpul getah bening yang berdekatan.
  5. Stadium 4, Kanker telah menyebar ke kandung kemih, anus, atau bagian-bagian lain tubuh.

Pada tahap awal stadium, kanker tidak menimbulkan keluhan dan gejala sama sekali. Keluhan baru muncul setalah stadium lanjut. Keluhan-keluhan tersebut antara lain; pendarahan vagina yang tidak seperti biasanya, seperti pendarahan di luar periode-periode haid, keluarnya darah setelah menopouse, pendarahan setelah berhubungan seks, dll.

 

Bagikan informasi tentang Macam-macam Kanker Yang Diderita Oleh Manusia kepada teman atau kerabat Anda.

Macam-macam Kanker Yang Diderita Oleh Manusia | Alhidayah Madu

Komentar dinonaktifkan: Macam-macam Kanker Yang Diderita Oleh Manusia

Maaf, form komentar dinonaktifkan.

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
Best Seller
OFF 50%
Rp 350.000 Rp 700.000
Ready Stock
SIDEBAR